Syamsu Rizal Waka DPRD Tebo Dieksekusi Kejari

Berita Daerah, Tebo1074 Dilihat

MUARATEBO – Syamsu Rizal wakil ketua DPRD kabupaten Tebo yang juga sekretaris DPD Partai Demokrat Jambi dieksekusi oleh pihak kejaksaan negeri Tebo terkait kasus penebangan pohon dan pembakaran lahan dikawasan hutan tanpa mengantongi izin

Syamsul rizal dengan sapaan ” Iday ” ini di eksekusi pada Jum,at malam (31/05/2024 ) sekira pukul 21: 00 wib hingga 22: 00 wib diwilayah kecamatan Tebo Tengah

Kepada wartawan Kajari Tebo, Ridwan Ismawanta mengatakan bahwa yang bersangkutan Koorperatif ” Kita Eksekusi di Tebo dan beliau koorperatif ” Kata Ridwan ( 1/06/2024)

Dijelaskanya bahwa Iday (terpidana) dieksekusi sekitar pukul 21:00 hingga pukul 22:00 WIB dan langsung diantar ke Lapas Tebo umtuk menjalani hukuman

Diketahui Iday tersandung kasus pengrusakan hutan dan dituntut oleh JPU kejari Tebo 3,4 tahun penjaara,denda Rp.1 miliar ,subsider 1 tahun kurungan namun pada Jum,at 28 Mei 2021 yang lalu Iday divonis bebas oleh hakim PN Tebo . Hakim menyatakan Iday tidak terbukti bersalah sebagaimana yang didakwakan jaksa penuntut umum (JPU), baik dakwaan alternatif pertama dan alternatif kedua.

Atas putus majelis hakim tersebut, JPU Kejari Tebo melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Pada Rabu, 24 Januari 2024, perkara dengan nomor 99/K/Pid.Sus-LH/2024 ini telah diputuskan oleh hakim ketua Desnayeti dan hakim anggota Yohannes Priyana serta Sugeng Sutrisno. Keputusannya menyatakan jika Iday bersalah dan divonis hukuman selama 2 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 3 bulan penjara.

Dalam petikan putusan, MA menyatakan Syamsu Rizal alias Iday telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dalam kasus penebangan pohon dan pembakaran lahan di kawasan hutan.

Dalam perkara itu, Wakil Ketua II DPRD Tebo tersebut berperan sebagai pihak yang menyuruh melakukan penebangan pohon dalam kawasan hutan tanpa memiliki izin yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Atas dasar putus MA tersebut, Kejari Tebo melakukan eksekusi terhadap terdakwa.

“Begitu mendapat surat perintah, kita langsung melakukan eksekusi,” kata Kejari Tebo.(ton/net)

Komentar