Lama Diimpikan, Jalan Menuju TPU di Tanah Periuk Terwujud

MUARABUNGO – Setelah bertahun-tahun ingin miliki jalan menuju TPU (Tempat Pemakaman Umum), akhirnya terwujud pada tahun anggaran 2023.

Dengan memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023, Pemerintah Dusun Tanah Periuk membuka jalan baru menuju lokasi TPU.

Hal itu diungkapkan Rio Tanah Periuk, Hasan A Roni, S. Pd., rencana pembangunan jalan TPU ini sudah direncanakan sejak tahun 2022 lalu namun belum bisa direalisasikan. Dikarenakan anggaran DD yang terbatas, sementara pembangunan yang lebih mendasar masih banyak belum dibangun.

“Alhamdulillah, pada DD tahun 2023 kami dapat menganggarkan untuk pembangunan jalan baru menuju TPU sepanjang 131 meter dan lebar 6 meter,” ungkap Rio Hasan A Roni.

Menurutnya, pembukaan jalan baru menuju lokasi TPU sangat diperlukan. Mengingat kondisi jalan yang rusak dan sering digenangi air. Hal itu mengganggu kenyamanan bagi masyarakat yang ingin berziarah.

“Sebelumnya, jalan menuju lokasi TPU ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Setelah dibuka jalan baru, jangankan sepeda motor, kendaraan roda empat saja bisa lewat,” jelasnya.

Rio Hasan A Roni berharap dengan adanya pembukaan jalan TPU ini untuk dapat sama-sama dijaga. Mengingat pentingnya bagi masyarakat untuk berziarah. Sehingga saat berziarah lebih teratur, dan masyarakat dapat melaksanakan ziarah kubur bersama.

“Masyarakat bisa berziarah secara serentak dan ziarah bersama. Saat ziarah tidak nampak berkelompok lagi, nantinya akan diatur oleh pengurus pemakaman,” tutupnya. (skd)

Komentar