Serapan Anggaran Rendah, Ketua DPRD Sarolangun Panggil OPD

SAROLANGUN – Serapan Anggaran APBD tahun 2023 masih terbilang rendah. Terhitung hingga Juli bulan ini serapan anggaran APBD kurang lebih sebesar 1,2 teriliun rupiah itu baru terserap dibawah 30 persen.

Menyikapi persoalan itu, Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari mengakui pihaknya telah memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hasilnya, rendahnya serapan APBD ini, OPD mengaku konsultan perencanaan lelet bekerja.

“Sudah kita panggil seluruh OPD, alasan mereka untuk kegiatan banyak bermasalah di konsultan perencanaan yang masih lambat dalam pengerjaan,” kata Tontawi Jauhari.

Menurut Tontawi, mengingat sudah pertengahan tahun, harusnya sudah tercover diangka 60-70 persen.

“Mereka janjinya di bulan 7 ini akan mengoptimal realisasinya. Harusnya sudah mencapai 60-70 persen, ini saya dengar baru 30 persen,” ucapnya

Selain itu, dilanjutkan Tontawi, lambannya serapan anggaran ini juga berdampak merugikan masyarakat Kabupaten Sarolangun. Namun, jika APBD ini berjalan optimal sebaliknya berdampak juga terhadap ekonomi masyarakat.

“Jadi saya minta agar OPD menggenjot serapan anggaran ini, sehingga bisa dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya. (mzi/adv)

Komentar