Maret 2023, Kabupaten Bungo Deflasi 0,12 Persen

MUARABUNGO – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo mengeluarkan data rilis inflasi Maret 2023, pada Senin (3/4) di Kantor BPS Muara Bungo.

Rilisi yang dihadiri Asisten II Ekbang Setda H Syaiful Azhar, Kadis Perindagkop Ir Supriyadi, Kadis Disnakan Quswen Iqmal, dan undangan lainnya dari pihak terkait.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Refia Hendrita, SP., MAP mengatakan pada bulan Maret 2023 Kabupaten Bungo mengalami Deflasi sebesar 0,12 persenbyang didorong karena adanya penurunan di beberapa kelompok pengeluaran.

Diantaranya, ada penurunan di kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau. Selain itu, ada beberapa komoditas penyumbang deflasi di Muara Bungo seperti penurunan harga pakaian dan alas kaki. Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga.

“Kota Muara Bungo mengalami Deflasi sebesar 0,12 persen atau terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 115,25 pada Februari 2023 menjadi 115,11 pada Maret 2023,” jelasnya.

Sementara itu, dijelaskan Refia, Inflasi di Kota Muara Bungo Maret 2023 terjadi pada Dua Kelompok pengeluaran yakni kelompok transportasi 0,22 persen dan krlompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,56 persen.

“Untuk kelompok pengeluaran informasi, komunikasi dan jasa keuangan, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya. Serta, kelompok pendidikan, penyediaan makanan dan minuman/restoran stabil,” ungkapnya.

“Untuk komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo pada Maret 2019 adalah angkutan udara, bawang merah, bayam, daging ayam ras, tahu mentah, bawang putih, dan cabai merah,” tuturnya. (iki)

Komentar