Permudah Layani Masyarakat, Disdukcapil Sarolangun Launching Aplikasi IKD

SAROLANGUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sarolangun resmi melaunching penggunaan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Peralihan identitas penduduk tersebut dilakukan guna memudahkan masyarakat memperoleh data diri secara digital.

“Kelebihannya banyak karena memiliki multi fungsi. IKD nanti akan ada BPJS kesehatan, ada data dtks penerima bantuan sosial, sertifikat vaksin juga, yang pegawai ada kartu pegawai, NPWP akan tersinkron secara otomatis,” ungkap Kepala Disdukcapil Sarolangun Riduan, Kamis (16/02/2023).

Menurut Riduan, masyarakat bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan cara mendownload di play store pada smartphone. Kemudian pada tahap aktivasi aplikasi, pihaknya masih melakukan sosialisasi pada masyarakat. “Kita masih fokus melaksanakannya antar kalangan OPD. Kemarin di rumah sakit, target awal kita selesaikan aktivasi semua PNS,” ujarnya.

Selain dapat digunakan secara praktis, Disdukcapil juga menjamin keamanan data masyarakat pada aplikasi IKD tersebut. “Selain praktis data masyarakat dijamin keamanan. Sama seperti banking, sandi dan keamanannya dikirim langsung ke email akun orang yang mendaftar,” tukasnya (mzi/adv).

Komentar