Atasi Gizi Buruk, Pemdus Tanah Periuk Gelar Rembuk Stunting

MUARABUNGO – Guna mengantisipasi gizi buruk pada balita, Pemerintah Dusun Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, menggelar Rembuk Stunting di Gedung Serbaguna Tanah Periuk, Selasa (20/12/2022).

Rembuk stunting yang melibatkan seluruh elemen terkait di dusun setempat, yang menjadi lokus stunting. Kegiatan ini sebagai langka penting yang harus dilakukan pemerintah dusun, untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama.

Rembuk stunting di Tanah Periuk secara resmi dibuka oleh Rio Hasan A Roni, dihadiri Ketua BPD dan anggota, petugas Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas, perangkat dusun, TP-PKK setempat, bidan desa, kader Posyandu, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Rio Hasan A Roni mengatakan, stunting ini merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat kekurangan gizi sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

“Program pen¬≠cegahan stunting ini merupakan program nasional yang berjenjang yang melibatkan semua elemen. Dan ini menunjukkan betapa pentingnya persoalan stunting,” ucap Hasan A Roni.

Senada juga diungkapkan Ketua BPD, M Ziad mengatakan kegiatan rembuk stunting ini sangat penting dilakukan sebagai upaya sosialisasi yang dilaksanakan secara terencana sehingga hasil yang dicapai dapat mengurangi atau menekan jumlah stunting.

“Melalui kegiatan rembuk stunting ini masyarakat bisa memahami betapa pentingnya mencegah stunting pada anak. Dan langkah mencegah stunting dimulai dari kesadaran diri bersama selaku orang tua untuk selalu memperhatikan anak anaknya, dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup,” tandasnya. (skd/adv)

Komentar