Belida dan Sokan Merangkak Naik, Harga Garam Semakin Asin

Berita Daerah, Bungo47 Dilihat

MUARABUNGO – Harga komoditas barang kebutuhan pokok beras di Kabupaten Bungo mulai merangkak naik. Kenaikannya tidak sekaligus melainkan merangkak rata-rata sebesar Rp 500 perkilogram. Beras yang mengalami kenaikan jenis beras keras, seperti Belida dari Palembang dan Sokan dari Padang.

“Beras Belida 20 Kg kini harga Rp 260.000 sebelumnya masih diangka Rp 230.000. Jadi pembeli banyak beralih ke beras lunak seperti Bulog, Dua Lele dan lain-lainnya. Kami ngak tahu apa penyebabnya Belida bisa naik harganya,,” ungkap Uda Oyon, pedagang beras Pasar Bungur, Muara Bungo.

Untuk harga komoditas barang kebutuhan pokok lainnya, seperti minyak goreng, telur, bawang merah dan bawang putih, gula, daging, dan susu mengalami kenaikan tidak signifikan. Malahan harga cabai merah terjun bebas hingga harga perkilogram Rp 35 ribu.

Sementara itu, pihak distributor beras yang ada di Kota Muara Bungo, Edi Tengek mengakui kenaikan bahan pokok tidak hanya beras namun harga garam melejit.

“Kabarnya dari petani diduga gagal panen, jadi stok beras Belida sedikit, harganya jadi naik. Hanya Belida dan beras Sokan dari Padang yang mengalami kenaikan. Yang lebih parah harga garam, jenis garam kasar naik Rp 20.000 perbungkusnya. Dari harga Rp 30 ribu menjadi Rp 52 ribu perbungkus,” tandasnya. (ton)

Komentar