Bupati Mashuri Berikan Remisi ke WBP Lapas Bungo

Berita Daerah, Bungo38 Dilihat

MUARABUNGO – Momen Di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -77, suatu momen bagi warga binaan lapas kelas IIB Muara Bungo. Dimana setiap momen hari kemerdekaan RI, warga binaan mendapat remisi (Pengurangan Hukuman). Hal ini dilakukan oleh Bupati Bungo bersama rombongan berkunjung ke lapas kelas IIB usai melaksanakan upacara detik-detik proklamasi HUT kemerdekaan RI ke-77 di lapangan MTQ baru., Rabu (17/08/2022).

Di HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 sebanyak 209 warga binaan lapas kelas IIB Muara Bungo Mendapatkan remisi (Pengurangan Hukuman) oleh kemenkumham RI.

Ridha Ansari,BcIP.,SH.,M.Si selaku kalapas Kelas IIB Muara Bungo dalam sambutannya mengatakan, di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 lapas kelas IIB kembali mengadakan pemberian remisi umum bagi narapidana.

“Adapun jumlah dari narapidana lapas kelas IIB Muara Bungo, saat ini berjumlah 459 orang dengan kapasitas yang seharusnya 156 orang dengan perincian laki-laki 49 orang, 10 orang wanita, dari semua tindak pidana dari 459 mencapai 258 orang dan korupsi 8 orang.

Pada tahun 2022 ini kami mengusulkan remisi ke kemenkumham RI yang mendapat remisi sebanyak 292 orang yang yang terdiri dari satu bulan 59 orang, 2 bulan 56, orang, 3 bulan 60 orang, 4 bulan 34 orang, 5 bulan 59 orang, dan 6 bulan berjumlah 7 orang dalam pembinaan di lapas Kelas IIB Muara Bungo ini.,” kata Kalapas.

Untuk diketahui bersama Lapas memiliki program pembinaan kemandirian yaitu pembinaan rohani seperti menghafal dan membaca Al-Qur’an serta hafalan Hadist untuk bagi yang Muslim dan pembinaan di Gereja kepada warga non Muslim.

“Selanjutnya ada juga pembinaan senam dan olah raga seperti tennis meja, bola volly, futsal dan lainnya dan sering juga turnamen di dalam Lapas.

Selain itu ada juga Pembinaan lainnya seperti pembuatan jas hujan, namun hingga saat ini pemasaran yang kurang..

Selanjutnya ada juga hidroponik serta pengembang biakan lobster yamg bisa nanti kita saksikan,” Ungkap Kalapas Rida Ansari.

Acara selanjutnya Dilanjutkan dengan pemberian surat keputusan dari Menteri Kemenkum HAM RI oleh Bupati Bungo didampingi Kalapas Bungo.

Bupati dalam sambutannya sambil membacakan pidato Menteri Hukum dan HAM RI mengatakan, Pada kesempatan ini kita dapat menghadiri dan mengikuti peringatan hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema” Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” yang sekaligus dirangkaikan dengan pemberian remisi umum Tahun 2022 bagi narapidana.

“Dengan tema “pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” tentunya memiliki makna tersendiri yang diartikan untuk menghadapi perubahan kondisi pandemi.,”Ujar Bupati dalam pidatonya.

Seperti diketahui 2 tahun lebih ini Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang berat sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air, di tengah keterpurukan tersebut semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong-royong untuk mewujudkan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

“Di masa depan kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global, hal ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang kuat dan dinamis hari kemerdekaan Indonesia ke-77 Tahun 2022 ini,” Kata Bupati Mashuri.

Merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan bhinneka tunggal Ika mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada, langkah ini merupakan dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

“Selamat kepada semua narapida yang mendapatkan remisi pada tahun ini,” pungkas Bupati H. Mashuri,”Akhir dalam pidatonya. (ton/adv)

Komentar