Kegiatan DAK 2022 Sudah Mulai, Bina Marga Kebagian Rp 6 Miliar

Berita Daerah, Bungo40 Dilihat

MUARABUNGO – Penyedia Jasa atau kobtraktor nampaknya sudah mulai mengerjakan pembangunan yang dianggarkan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bungo.

Dalam pantauan di lapangan, pengaspalan jalan dari simpang Bandara Muara Bungo sampah ke arah Dusun Danau sudah mulai dikerjakan. Alat berat standby di lokasi sampai kegiatan ini selesai.

Kepala Dinas PU-PR Kabupaten Bungo melalui Kabid Bina Marga Dwi Herwindo mengatakan kegiatan itu memang benar bersumber dari DAK bidang Bina Marga tahun 2022. Dengan nama kegiatan peningkatan dan pengaspalan jalan di sekitar Bandar Muara Bungo.

“Kegiatan DAK 2022 sudah mulai. Yaitu Jalan Dusun Danau – Muara Kuamang dan Simpang Bandara – Dusun Danau senilai Rp 6 miliar,” kata Dwi Herwindo, Rabu (20/7/2022).

Untuk diketahui, kata Dwi, Kabupaten Bungo hanya mendapatkan dana DAK dari pemerintah Pusat senilai Rp 6 miliar untuk Bina Marga. Untuk bidang Cipta Karya Rp 6 miliar dan Pengairan tidak kebagian anggaran.

“Dibandingkan tahun sebelumnya, dana yang bersumber dari DAK mengalami penyusutan drastis dikarena dari Pusat adanya pengurangan. Pada 2021, DAK Bungo masih diangka Rp 30 miliar, namun pada 2022 hanya dapat Rp 12 miliar untuk Dinas PU-PR Kabupaten Bungo,” ungkapnya lagi.

Lanjutnya, kegiatan ini mengerjakan jalan rigid beton sepanjang 1 Km dan pengaspalan sepanjang 600 meter sesuai dengan jenis DAK penugasan di Bina Marga tahun 2022 untuk daerah strategis nasional.

“Untuk usulan DAK tahun 2023 yang diusulkan pada tahun ini (2022, red) penentuan ruas prioritas ditentukan oleh Pusat. berdasarkan database kondisi jalan yang sudah diverifikasi. Pada tahun 2022 ini DAK Reguler dan DAK Afirmasi untuk Bidang Jalan kosong,” tutupnya. (ton)

Komentar