Wabup Bungo Apri Buka Pelatihan di Kantor BLK

Berita Daerah, Bungo37 Dilihat

MUARABUNGO – Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd membuka secara langsung pembukaan pelatihan berbasis kompetensi dana Dipa, UPTP, BPVP Padang sebanyak 6 paket di UPT Balai latihan kerja (BLK) Kabupaten Bungo tahun 2022.

Hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut PLT Kepala dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bungo Sujasno Irawan, Kepala cabang BPJS ketenagakerjaan Kunto Baskoro aripianto, Kabid ketenaga kerjaan dan transmigrasi, Kepala UPT BLK Bungo, pejabat fungsional dinas Tenaga kerja dan transmigrasi, serta tamu undangan yang lainnya.

Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah no 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintah, antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah Kabupaten/ Kota, urusan ketenagakerjaan merupakan urusan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten.

Masalah ketenagakerjaan adalah masalah yang sangat pokok bangsa ini, bahkan dalam kaitannya dengan program -program pemerintah. Sementara bagi pemerintah daerah hal ini menjadi urusan yang bersifat wajib dan merupakan salah satu masalah yang krusial dalam bidang ketenagakerjaan ini adalah masalah pengangguran.

“Oleh karena itu pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di Kabupaten Bungo ini dilaksanakan dengan dasar suatu pemikiran bahwa para pencari kerja maupun penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya adalah tanggung jawab pemerintah dan semua pihak,”Kata wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd dalam sambutannya, Selasa (20/07/2022).

Tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja yang terus bertambah secara signifikan setiap tahunnya seiring dengan bertambah tingkat kelulusan dari berbagai strata tingkat pendidikan, baik tingkat menengah atas hingga perguruan tinggi, di tambah lagi dengan musibah wabah covid-19 yang saat ini sedang kita hadapi bersama.

“Kita selaku pemerintah Kabupaten Bungo melalui dinas tenaga kerja dan transmigrasi menganggap upaya peningkatan kualitas SDM dalam hal ini para pencari kerja sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja kita dalam penguasaan keterampilan yang dapat di gunakan untuk mencari nafkah melalui bekerja atau membuka usaha sendiri,”Ucap Wakil Bupati Bungo.

Hal juga disampaikan oleh Plt Kepala dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bungo Sujasno Irawan,ST menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh – sungguh sehingga nantinya keterampilan yang didapat dari kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat terlebih di masa pandemi sekarang ini sulit memperoleh pekerjaan sehingga di harapkan mampu terampil dalam menciptakan peluang kerja secara mandiri..

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan calon Tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,”tutupnya. (ton/adv)

Komentar