Izin Tambang Balik ke Daerah, Aspebindo : Era Kebangkitan Pengusaha Lokal

JAMBI – Pemerintah Pusat resmi mendelegasikan wewenang penerbitan sertifikat standar dan izin berusaha di bidang pertambangan mineral dan batu bara kepada pemerintah Provinsi.

Menyikapi hal itu, Ketua Umum DPD Aspebindo (Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia) Provinsi Jambi, Al haafizhussayuty menyambut baik.

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara. Memang tidak semuanya diberikan kewenangan ke daerah, setidaknya ada ruang untuk Pemprov mengelola urusan pertambangan. Ini sudah tepat, kita sangat mendukung keputusan dari pemerintah ini,” ungkapnya.

Lanjut Hafiz, dengan didelegasikan sebagian izin usaha tambang ini ke daerah menjadi peluang tersendiri kepada pengusaha dalam mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Provinsi Jambi.

“Ini juga menjadi era kebangkitan bagi pengusaha daerah untuk memaksimalkan peluang pemanfaatan SDA yang ada di daerah khususnya Provinsi Jambi,” tambahnya.

Lebih jelasnya, kata Hafiz, memang tidak seluruh kewenangan pemerintah pusat didelegasikan kepada kepada pemerintah daerah (pemda). Kewenangan yang didelegasikan meliputi pemberian sertifikat standar dan izin, pembinaan atas pelaksanaan perizinan berusaha yang didelegasikan, serta pengawasan atas pelaksanaan perizinan berusaha yang didelegasikan.

Pemberian izin terdiri atas Izin Usaha Pertambangan (IUP) dalam rangka Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) untuk komoditas mineral bukan logam, mineral bukan logam jenis tertentu, dan batuan dengan ketentuan berada dalam satu daerah provinsi atau wilayah laut sampai dengan 12 mil.

Pemberian izin lainnya yaitu, Surat Izin Pertambangan Batuan (SIPB), dan Izin Pertambangan Rakyat (IPR). Selanjutnya pemberian izin pengangkutan dan penjualan untuk komoditas mineral bukan logam, mineral bukan logam jenis tertentu, dan batuan.

Kemudian pemberian Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) untuk satu daerah provinsi, IUP untuk penjualan komoditas mineral bukan logam, mineral bukan logam jenis tertentu, dan batuan. (ton)

Komentar