Momen Idul Adha, Jumiwan Aguza Buka Lubuk Larangan Bersama Warga Tanjung Belit

Berita Daerah, Bungo41 Dilihat

MUARABUNGO – Dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Adha 1443 H warga RT 04, Dusun Tanjung Belit, Kecamatan Jujuhan, melakukan tradisi buka lubuk larangan yaitu lubuk larangan lubuk lesung yang sudah di tutup sejak 3 tahun silam, Senin (11/07/2022).

Pembukaan lubuk larangan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bungo Jumiwan Aguza, Rio, BPD beserta masyarakat.

Jumiwan Aguza di kesempatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi atas kekompakan warga RT 04 Dusun Tanjung Belit.

“Ini merupakan tradisi yang meski di lestarikan hingga anak cucu kita kelak, karena di sini juga tempat kelahiran saya dan saya bangga hari ini bisa bercengkrama mencari ikan bersama keluarga-keluarga saya di sini,” ujar Jon sapaan akrabnya.

“Semoga masyarakat Dusun Tanjung Belit selalu kompak, dan masyarakatnya sejahtera, Aamiin.” Doa Waka I DPRD Bungo tersebut.

Sebelumnya, M. Ali Ketua RT 04 menyampaikan, sebelum pembukaan lubuk larangan ini, dilakukan ritual baca surah yasin bersama setelah itu didahulukan dengan mancing.

“Setelah dilakukan mancing bersama, beberapa saat baru lah warga RT 04 Dusun Tanjung Belit bersama-sama turun ke sungai yaitu ngubai atau menjala,” ujarnya.

Ini sudah tradisi warga kami lanjut Ali, dalam 3 tahun sekali lubuk larangan akan di buka. Adapun caranya yaitu mancing, ngubai dan menjala juga memasang lukah.

“Nanti ikan hasil tangkapan ini, akan dimasak bersama dan makan bersama. Dan jika banyak ikan yang di dapat akan dibagi per kepala keluarga,” jelasnya.

“Kami ucapkan terimakasih atas kerjasama warga RT 04 dan juga Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bungo Jumiwan Aguza serta peran kepedulian perusahaan PT. Kuansing Inti Makmur (KIM),” pungkasnya. (nes)

Komentar