Dinas TPHBun Raih Satya Lencana Pembangunan Pertanian

Berita Daerah, Bungo42 Dilihat

MUARABUNGO – Kerja keras dan kerja cerdas Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHBun) Kabupaten Bungo,.Muhammad Hasbi, SP., MSi dalam mengurus pertanian membuahkan hasil. Perdana, Kabupaten Bungo menerima tanda kehormatan atau Satya Lencana dari Presiden RI Joko Widodo.

“Penghargaan Satya Lencana Bidang Pembangunan Pertanian diberikan Presiden RI Joko Widodo pada 2019 lalu. Karena Covid-19, tanda kehormatan itu tidak diserahkan secara langsung namun teregister di Kementerian Pertanian RI,” ungkap Kadis TPHBun, Muhammad Hasbi kepada media ini.

Dikatakan Hasbi, tanda kehormatan atas keberhasilannya dalam pembangunan dan kebijakan bidang pertanian di Kabupaten Bungo ini bukti keseriusan pemerintah Pusat untuk memajukan pertanian.

“Tanda kehormatan ini bukti bahwa pada periode 2018-2019 di Kabupaten Bungo berhasil swasembada pangan. Dimana kebutuhan pangan dapat terpenuhi dari pasokan beras petani lokal,” jelasnya.

Swasembada pangan pada tahun 2018-2019 di Kabupaten Bungo, kata Hasbi ada di Tujuh Kecamatan. Produksi pertanian mencapai 111,5 persen dari kebutuhan konsumsi beras 36.236.000 ton pertahun, mengalami surplus produksi mencapai 41.562.000 ton pertahun.

“Hasil pertanian di Kecamatan Tanah Tumbuh, Tanah Sepenggal, Tanah Sepenggal Lintas, Jujuhan Ilir, Rantau Pandan, Bathin III Ulu pada 2018-2019 melebihi kebutuhan sebesar 11,5 persen,” jelas Hasbi lagi.

Bercermin pada keberhasilan itu pemerintah Pusat terus mensupport pertanian di Kabupaten Bungo. Bermacam bantuan seperti benih unggul, Alsintan (alat mesin pertanian) dan rehab irigasi berhasil diboyong oleh Kadis TPHBun ini.

“Bantuan pertanian dari Kementerian Pertanian RI untuk Kabupaten Bungo mencapai 2-4 miliar setahun berupa alsintan, benih unggul, rehab irigasi dan lain-lainnya,” kata Kadis TPHBun ini.

Atas keberhasilan itu, Hasbi mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh pertanian dan petani yang sudah bekerja keras. Tanpa mereka, pembangunan pertanian di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun ini tidak ada apa-apanya.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun, grafik produksi pertanian kita naik. Kita berharap masyarakat untuk tingkatkan produksi pertanian, agar Bungo kembali swasembada pangan,” ungkapnya. (ton)

Komentar