BPS Bungo Sosialisasi SBH Tahun 2022

Bungo43 Dilihat

BUNGO – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo melaksanakan kegiatan sosialisasi Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2022, di Aula Cempaka Kuning Kantor Bappeda Kabupaten Bungo, Rabu (30/03/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Bungo, Mursidi. Dalam sambutannya, Mursidi berharap kepada peserta yang hadir dari beberapa OPD, dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya SBH ini.

“Harapan saya sosialisasi hari ini betul-betul dilaksanakan. Kita tahu pentingnya SBH ini untuk sinkronisasi data,” ujarnya.

Peserta sosialisasi SBH tahun 2022

Sementara, Plt Kepala BPS Bungo Muji Lestasi menjelaskan, sosialisasi SBH ini bertujuan untuk memperbarui tahun dasar Indeks Harga Konsumen (IHK) dan mendapatkan data dasar tentang nilai konsumsi penduduk.

“Juga untuk mendapatkan keterangan tentang keadaan sosial ekonomi rumah tangga, serta memperoleh paket komoditas dan diagram IHK,” paparnya.

Dalam pelaksanaan SBH, kata Muji, petugas dan pengawas sudah mengikuti SOP Protokol Kesehatan (Prokes), dengan cara meminimalisir kontak fisik wawancara jika sampel terpilih dalam zona merah atau kuning.

“Selain itu, menggunakan alat komunikasi seperti Computerassisted Personal Interviewing (CAPI), telepon, whatsapp atau media komunikasi lainnya,” tuntasnya. (skm)

Komentar