Tahapan RKPD Tahun 2023 Sudah Dimulai 

Sarolangun20 views

SAROLANGUN – Badan Perencanaan dan Pendapatan Daerah (Bappeda) Sarolangun, sudah mulai masuk tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Tahunan Daerah (RKPD) tahun 2023.

Kepala Bappeda Sarolangun Muhammad mengatakan, tahapan RKPD yang dimulai dari Musrenbang di tingkat desa. Diakuinya saat ini telah dilakukan di 149 desa dan kelurahan.

“Sudah semuanya untuk di desa, mulai dari bulan Desember tahun lalu, hingga selesai pada tanggal 5 Januari 2022,” katanya, Jum’at (14/01/22).

Lanjut dia, tahapan sudah dilakukan, dan verifikator di tingkat desa telah melakukan penginputan ke aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Kita juga di Bappeda sudah memvalidasinya, saat ini kita sudah jalan ke tahap Musrenbang di tingkat kecamatan,” ucapnya.

Ia menyebutkan, atas kesepakatan para camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Sarolangun, bahwa Musrenbang kecamatan itu akan dilakukan dari tanggal 12 – 31 Januari 2022.

“Saat ini baru dua kecamatan yang sudah melakukan Musrenbang, yakni Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Air Hitam,” katanya.

Masih dikatakan Muhammad, Musrenbang tingkat kecamatan menyampaikan proses usulan di tingkat desa. Sedikitnya ada lima prioritas usulan di tingkat desa.

“Ada lima usulan, tentunya dari kelima usulan tersebut ada skala prioritas yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhannya. Tidak semuanya diakomodir,” ujarnya.

Disamping itu, kata dia, mungkin ada hal yang belum disampaikan di Musrenbang tingkat yang belum di akomodir, bisa disampaikan melalui Renja OPD. “Atau bisa juga disampaikan melalui reses dewan,” tuntasnya. (dil)

Komentar