Nekat! Pria Asal Sumbar Ini Jalan Kaki Keliling Indonesia

SAROLANGUN – Aksi Syafrizal, pria asal Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini terbilang nekat. Bagaimana tidak, pria kelahiran 51 tahun silam ini, bertekad mengelilingi Indonesia dengan cara berjalan kaki sendirian.

Ketika dijumpai di Kota Sarolangun, Jambi, dia mengaku memulai perjalanan dari Kota Sawahlunto, Sumbar pada 15 Juni 2019 lalu. Kini katanya, sudah lima provinsi yang dilaluinya. Yakni Provinsi Sumbar, Riau, Sumatera Utara, Aceh dan Provinsi Jambi.

BACA JUGA: Masyarakat Diminta Siaga Banjir

“Tepatnya pada bulan Juni 2019 yang lalu saya berangkat berjalan kaki di kota asal saya, Sawahlunto, Sijunjung. Kini tepatnya Januari 2022 saya mampir di Markas PMI Kabupaten Sarolangun setelah sebelumnya saya berangkat dari Provinsi Riau,” katanya kepada Panoramatinta.com, Senin (10/1).

Dia menceritakan, perjalanan yang dilaluinya tidaklah mudah. Dalam sehari, kemampuannya berjalan hanya bisa mencapai 40 KM.

“Tidak memaksa tenaga. Biasanya sanggup saya berjalan kaki sepanjang 40 KM sehari, selebihnya saya tidur dulu dan beristirahat sebentar, besoknya lagi saya melanjutkan perjalan,” ujarnya.

Uniknya, dalam perjalanan yang memakan waktu bertahun-tahun itu, dirinya mampu bertahan hidup tanpa persiapan bekal yang cukup.

BACA JUGA : Kaya Objek Wisata, Miskin Akses Jalan

“Dalam tas carrier saya hanya ada baju dan dokumen perjalanan saya. Saya backpacker tunggal tanpa berkelompok. Saya berangkat dari rumah tanpa biaya sepeserpun. Alhamdulillah selama perjalan saya selalu ketemu orang-orang baik,” akunya.

Lantas apa yang memicu pria super nekat ini memilih menjadi Backpacker? Pertanyaan ini dijawabnya dengan santai dan sedikit semringah.

“Saya hobi, saya cinta Indonesia. Banyak kekayaan wisata, kekayaan budaya yang kita miliki. Setiap daerah yang saya singgahi beragam objek wisata sebagai aset kekayaan yang harus kita jaga,” terangnya.

Kata dia, setelah beristirahat di Sarolangun, dirinya akan melanjutkan perjalan menuju Provinsi Sumatera Selatan. “Saya menempuh jalur Singkut terus ke Linggau dan melaju ke Palembang, setelah itu saya ke Lampung terus melayang ke Pulau Jawa,” katanya.

Sebelum meninggalkan Sarolangun, dia juga mengimbau masyarakat Sarolangun agar tetap menjaga potensi wisata yang ada.

“Banyak informasi tentang Sarolangun kepada saya, salah satunya wisata budaya orang rimba Suku Anak Dalam (SAD) di Kecamatan Air Hitam. Tentu itu harus terus dilesatarikan budaya kehidupannya,” imbaunya.

“Melalui perjalanan ini juga saya selalu menyampaikan pesan kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga untuk mendorong dan mengembangkan potensi wisata yang ada, larang perbuatan pengrusak terhadap alam kita,” timpalnya.

Untuk diketahui, sebelum menjadi Backpacker, Syafrizal ini juga telah menuntaskan misinya keliling Indonesia dengan memakai sepeda.

“Dulu di tahun 2010 saya beranikan diri pada keinginan saya mengelilingi Indonesia. Saat itu walaupun memakan waktu tahunan, alhamdulillah saya sukses mengelilingi Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan menggunakan alat transportasi sepeda. Kali ini saya masih melanjutkannya dengan berjalan kaki,” tandasnya. (dil)

Komentar