Kades Muara Niro Ajak Warga Ciptakan Lingkungan Sehat dan Bersih

Berita Daerah, Tebo97 Dilihat

MUARATEBO – Dalam upaya menciptakan lingkungan sehat dan bersih, Pemerintah Desa Muara Niro, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo mengadakan gotong-royong bersama perangkat dan warganya.

Kepala Desa (Kades) Muara Niro, Solmidawati mengatakan kebersihan lingkungan harus selalu kita jaga. Karena bagaimanapun lingkungan yang bersih akan membuat warganya nyaman dan produktif, kalau lingkungannya kumuh maka itu juga akan menjadi salah satu sumber penyakit.

“Ini salah satu agenda rutin kita dalam upaya pencegahan dari berbagai pandemi penyakit diantaranya malaria atau DBD,” ungkap Kades Muara Niro, Solmidawati saat memimpin kegiatan gotong-royong bersama, Senin (20/9/2021).

“Dalam menjaga kebersihan peran pemerintah dan masyarakat sangat penting. Disatu sisi masyarakat harus sadar akan kebersihan lingkungan salah satunya adalah dengan jangan membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke sungai,” tambah Bu Kades, selain cantik beliau sosok yang dikenal sangat ramah.

Namun disisi lain, kata Solmidawati, pihak pemerintah desa sudah menyediakan sarana yang memadai. Seperti penyediaan tong-tong sampah dan truk-truk pengangkut sampah yang memadai agar sampah tidak menumpuk.

“Berkat kerjasama yang baik dengan warga, lingkungan di desa ini cukup bersih, warga-warganya sudah banyak yang sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Selain itu warga sini sudah terbiasa mendaur ulang sampah menjadi barang-barang kerajinan tangan yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual. Warga juga terbiasa menanam tanaman-tanamah hias di depan pekarangan rumahnya. Sehingga menjadikan desa ini terlihat bersih hijau dan asri,” paparnya lagi. (cr1)

Komentar