Cerita Anak Petani Kopi Jadi Tentara, Peltu Juliansyah : Saya Terbiasa Disiplin Sejak Kecil

Berita, Feature96 Dilihat

SEBAGAI seorang prajurit, kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk di lapangan.

Karena agar bisa menjadi abdi negara atau prajurit yang baik, kamu tak hanya membutuhkan fisik yang kuat saja. Namun, kamu jelas memerlukan mental baja yang luar biasa.

Bang Jul, begitu sapaan akrab dari  Peltu Juliansyah, anggota Kodim 0416/Bungo Tebo. Saat ini, beliau bertugas di Koramil Kota Muara Bungo.

Pria kelahiran Lahat 5 Juli 1977 ini sudah 22 Tahun menjadi warga Bungo. Sudah banyak hal yang diperbuatnya untuk menjaga keutuhan NKRI di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun ini.

Sosok Bang Jul, terkenal sangat supel dan mudah bergaul dengan sesama. Karena beliau sudah terbiasa sejak kecil senang bergaul. Terlahir dari keluarga petani, dirinya tetap semangat bahwa cita-cita itu bisa dimiliki semua orang. Anak ke Enam dari 7 bersaudara ini sudah dididik oleh kakak perempuannya yang merupakan seorang tentara.

“Kakak perempuan yang paling tua tentara juga. Beliau sejak kecil mendidik saya harus disiplin,” kata Bang Jul, salah satu Alumni STM Negeri 1 Palembang.

Peltu Juliansyah, lulus Secaba TNI pada tahun1997. Penempatan tugas pertama di Kodim Jakarta Utara. Pada tahun 1999, ia pindah tugas ke Kodim 0416/Bungo Tebo. Saat ini menjabat sebagai Bintara Tata Usaha dan Urusan Dalam (Bati Tuud) di Koramil 416-06/Muara Bungo.

Lebih jauh sebelum dirinya menjadi abdi negara, Bang Jul, kehidupannya di masa kecil normal selayaknya anak zaman dulu. Karena ia sadari, kedua orangtuanya hanya petani kopi.

“Cerita gini, selama saya sekolah saya sama seperti anak-anak yang lain suka bolos juga sih ketika sekolah. Cuma nakal kito nih disiplin, kito tetap disiplin. Tamat sekolah, awalnya ingin ikut tes marinir, iya lulus di Angkatan Darat itu menjadi berkah untuk mengabdi,” ungkapnya lagi.

Bang Jul, sejak kecil memang sudah menggemari ikut klub motor. Hingga saat ini, selagi badan sehat tetap sesekali main motor.

“Dulu pernah ndo, touring sampai ke Maluku,” ujar Bapak yang memiliki Tiga anak ini.

Diakhir cerita, Bang Jul ingin anak-anak zaman sekarang yang ingin masuk tentara harus dilatih kedisiplinannya sejak dini.

“Pesan sayo dikit bae untuk anak-anak yang  ingin menjadi tentara tumbuhkanlah sifat disiplin dari diri sendiri, rajinlah belajar, dan jangan lupa latian fisik,” timpalnya. (Penulis: Kiki Amelia, Mahasiswi UMB Jurusan Ekonomi Manajemen) 

Komentar