Razia PETI di Rimbo Bujang, Satu Rakit Dompeng Dimusnahkan

Berita Daerah, Tebo68 Dilihat

MUARATEBO – Tim gabungan TNI, Polri bersama pemerintah Kabupaten Tebo melakukan razia Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang, Rabu (07/04).

Baca juga : Pemprov Sultra-PWI Tindak Lanjuti Penetapan Tuan Rumah HPN 2022

Tim yang teridiri dari personil Kodim 0416/Bute, Polres Tebo, dan Satpol PP dan instansi terkait fokus terhadap adanya aktifitas peti di aliran Sungai Alai.

Untuk diketahui bahwa, pemberantasan penambangan emas tanpa izin ini, dilakukan sesuai Surat Edaran Nomor 300/187/pem yang dikeluarkan langsung oleh Kepala Desa (Kades) Tirta Kencana Rimbo Bujang.

Gelar Razia dilakukan dengan cara menelusuri sepanjang aliran Sungai Alai di Desa Tirta Kecana, dan operasi ini dipimpin langsung oleh Iptu Hendrizal sebagai Perwira pengendali (Pedal), didampingi oleh Kasat Sabhara Iptu Ahmad Faisal, SH,MH, Kapolsek dan Danramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute.

Baca juga : Jaksa Mitra Jurnalis, Kastel Kejari Bungo Sambangi JOIN

Dikatakan oleh Perwira Pengendali Iptu Hendrizal bahwa operasi ini juga mengedepankan pola Preemtif, dimana sebelum pelaksana para pihak desa terlebih dulu diberikan peringatan atau ultimatum.

“Benar sebelum pelaksana operasi mereka sudah diberi peringatan, jika masih melanggar maka pihak terkait dan pemdes melakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku,”terang Kasubbag Dal Ops Iptu Hendrizal.

Hendrizal menambahkan dari operasi kali ini petugas menemukan satu Unit Rakit yang sedang tidak beroperasi, kemudian petugas melakukan pembongkaran Rakit tersebut dan barang bukti berupa galon, mesin, keong, karpet dan dibawa ke Mako Polsek guna penyidikan lebih lanjut.

“Sebagian kita bawa sebagai alat bukti dan guna proses penyelidikan. Untuk Rakitnya kita hancurkan dengan cara dibakar yang dilakukan oleh para saksi,”tandas Iptu Hendrizal.

Baca juga : Pilkada Usai, JSI Ajak Bersatu Bangun Bungo Master

Danramil 416-07/Rimbo Bujang Kapten Inf Wakhid Nurokhim dikonfirmasi sidakpost.id mengatakan, pihaknya membenarkan Razia Peti di Desa Tirta Kencana petugas telah berhasil memusnahkan satu Unit Rakit dompeng.

“Razia Peti berlangsung lancar tanpa ada kendala yang berarti, situasi kondisi kondusif aman terkendali,”kata Danramil. (rul)

Komentar