Bukan Janji! Jika Menang, SZ-Erick Bakal Kucurkan Rp 50 Juta Per Kampung

MUARABUNGO- Keseriusan H Sudirman Zaini dan DR Erick Muhammad Henrizal (SZ-Erick) membenahi tata kelola keuangan dan pembangunan di Kabupaten Bungo, tak perlu diragukan lagi. Bukti sahih, kandidat bernomor urut 1 ini sudah siap menggelontorkan Rp 50 juta untuk satu kampung pertahun jika terpilih pimpin Bungo.

“Kami menilai program pemerintah saat ini masih kurang merata, sehingga beberapa kampung di dusun tidak kebagian. Secara menyeluruh program Karya (Kampung dan RW Berdaya) ini dapat dinikmati semua lapisan masyarakat,” jelas Direktur Pemenangan SZ-Erick, Syarkoni Syam.

Ditegaskan Syarkoni Syam, saat ini kebijakan pemerintah daerah untuk membangun dusun masih rentan dikuasai secara sepihak atau dimonopoli oknum yang tidak bertanggungjawab. Sehingga, lanjutnya, usulan pihak kampung melalui musyawarah perencanaan pembangunan dusun (Musrenbangdus) belum terakomodir secara keseluruhan.

“Dana yang masuk ke dusun kan banyak. Baik Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), dan dana Provinsi. Dalam pengelolaannya perlu dibenahi dengan melibatkan kepala kampung secara langsung untuk merealisasikan pembangunan di kampung masing-masing,” jelasnya lagi.

Dijelaskan Syarkoni, Program KARYA ini sangat perlu dilakukan agar tidak ada kecemburuan yang timbul di masyarakat.

“Misalnya di Dusun A ada 10 kampung berarti dana Pemerataan Pembangunan Kampung senilai Rp 500 Juta. Kalau cuma 1 kampung di Dusun B, maka cuma dapat Rp 50 Juta. Sehingga penggunaan keuangan daerah lebih efisien, pemerataan pembangunan tercapai,” urainya.

Lebih jauh dijelaskan, Program Karya memang berbeda dengan GDM. Perbedaannya adalah kalau GDM anggarannya macet-macet dan menyasar untuk satu dusun, kalau Program Karya ini untuk satu kampung,” tandasnya. (tmc)

Komentar