Daerah Asal Gubernur dan Wakil Gubernur jambi

Oleh : Bahrun
Enam puluhan tahun lebih berdirinya Propinsi Jambi kita dapat menelusuri daerah-daerah mana saja yang sudah menyumbangkan putra daerah  terbaiknya untuk menjadi Gubernur atau Wakil Gubernur Jambi selama ini. Untuk memudahkan kita menelusurinya maka kita bagi daerahnya yang terdiri dari, Kota Jambi, Batang Hari, Tanjung Jabung, Bungo РTebo, Sorolangun- Bangko dan Kerinci.
Sarolangun – Bangko sudah menyumbangkan putra terbaiknya untuk menjadi Gubernur Jambi mereka itu adalah H. Abdul Manaf dan Hasan Basri Agus. Kota Jambi juga sudah menyumbang putra terbaiknya untuk manjadi Gubernur Jambi yaitu H. Abdurrachman Syayuti. Batang Hari yang meliputi Kabupaten Muara Jambi juga sudah menyumbangkan putra terbaiknya yaitu H. Hasyip Kalimuddin Syam sebagai Wakil Gubernur Jambi.
Kemudian, Tanjung Jabung prestasinya sama dengan Sarolangun sudah menyumbangkan dua orang putra terbaiknya untuk menjadi Gubernur Jambi yaitu H. Zulkifli Nurdin dan H. Zomi Zola. Sedangkan Bungo Tebo juga sudah menyumbangkan putra terbaiknya untuk menjadi Wakil dan Gubernur Jambi yaitu H. Fachrori Umar.
Maaf ya, hanya Kerinci lah yang belum berkesempatan menyumbangkan putra terbaiknya untuk menjadi Gubernur Jambi atau pun Wakil Gubernur Jambi. Hal ini merupakan situasi paradoks, dimana sumber daya propinsi Jambi terbaik itu ada di Kerinci, dan ini fakta yang tidak dapat dibantah sekaligus sangat merugikan daerah Jambi itu sendiri kerena sumber daya yang berkualitas tidak mau fight merebut peluang, atau terlalu melankolis kali.
Nah, pada pilkada Propinsi Jambi 2020 ini nampaknya Kerinci mulai mau fight menyumbangkan kader terbaiknya untuk menjadi Wakil Gubernur Jambi mendampingi H. Fachrori Umar. Penulis sebagai wartawan yang memegang teguh prinsip “wartawan kebenaran dibalik kebenaran” sangat senang dengan situasi ini kerena sudah mau fight- nya sumber daya terbaik itu untuk mengabdi kepada Daerah Jambi. Sebenarnya kita malu, Irjenpol H. Syafril Nursal sangat pantas untuk menjadi Gubernur kerena bobot intlektualnya, tatapi randah hati mau menjadi orang kedua. Atas kerendahan hati SN ini Allah lah yang akan membalasnya.

Komentar